Senin, April 24, 2017

7 Fakta Unik Sekolah Buana Kids dan SD Al Biruni


TANPA PAGAR
Secara fisik, pagar memang penting untuk menjadi batasan, selain faktor keamanan. Tapi sekolah ini lebih dulu menguatkan anak-anaknya untuk mengerti batasan sekaligus menguatkan pijakan. Sehingga anak-anak paham ke mana mereka harus bergerak tanpa harus melampaui batasan.

TANPA PAPAN NAMA
Buana Kids ada papan nama, itu pun kecil, bahkan lebih kecil dari toko sebelah. Jadi lebih sering tidak terlihat. Sementara SD Al Biruni sampai saat ini masih belum memiliki papan nama. Bahkan, masih banyak yang belum tahu jika dalam gedung Buana Kids ternyata sudah berdiri SD Al Biruni yang baru berjalan baru hanya ada kelas satunya.

RASIO JUMLAH GURU DAN SISWA 1 : 12
Fokus sekolah ini adalah menumbuhkan potensi anak didik. Itulah yang membuat sekolah ini memilih rasio 1:12 untuk jumlah guru dan siswanya. Agar bisa memantau anak-anaknya sesuai tahap perkembangan anaknya.

MENERAPKAN METODE SENTRA
Hampir semua PAUD menerapkan metode sentra. Tapi Buana Kids dan SD Al Biruni sangat memperhatikan benar-benar terkait metode sentra ini. Sedemikian hati-hatinya, balok yang tidak standar dan tidak akurat pun lebih memilih untuk dikarduskan. Dan memilih balok yang sesuai standar akurasi yang tinggi.  Oleh karenanya sekolah ini mengadopsi langsung ke sumber aslinya dengan menjadikan Sekolah Al Falah (Jakarta) dan Batutis (Bekasi) sebagai rujukan kesentraan.

KONSULTASI PARENTING INDIVIDUAL.
Kegiatan pertemuan orang tua murid dan guru di sekolah ini dilaksanakan secara individual. Tatap muka langsung dengan gurunya untuk menceritakan perkembangan anaknya. Jadi orang tua lebih puas mendengar paparan perkembangan anaknya. Waktu konsultasi juga lebih luas sekaligus luwes.

MENDIDIK TANPA 3M
Sekolah ini menerapkan pola mendidik dengan tanpa memarahi, tanpa melarang, tanpa menyuruh. Pola ini hampir ditemukan keseharian di rumah maupun di sekolah. Tapi di Buana Kids dan SD Al Biruni, guru-gurunya konsisten menerapkan mendidik tanpa 3M. Unik, bukan?

BERMITRA DENGAN SEMAI UNTUK PROGRAM PELATIHAN GURU-GURU DAN ORANG TUANYA.
Buana Kids dan SD Al Biruni paham benar bahwa sekolah yang baik adalah sekolah yang tidak hanya mendidik anak-anaknya menjadi lebih baik, beradab, tapi juga yang mengirimkan secara rutin dan intensif untuk guru-gurunya mengikuti pelatihan. Termasuk juga orang tuanya. Dalam hal ini SEMAI dipilih sebagai lembaga pelatihan untuk guru-guru dan orang tuanya. Bahkan, SEMAI menjadikan dua sekolah ini sebagai laboratorium penggunaan bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mentalitas Menghadapi USBN