Senin, April 10, 2017

Semai Parenting di Hotel Pesonna



Semai Parenting sukses diselenggarakan oleh SEMAI di Hotel Pesonna (9/4) kemarin. Sebanyak 30 peserta tampak antusias mengikuti detail paparan materi parenting yang disampaikan parenter, Siti Sundari. Bahkan sebagian peserta merasakan waktu 4 jam terasa kurang.

Sundari menyampaikan strategi bagaimana mendeteksi bahasa yang melemahkan dan menguatkan  yang biasa diucapkan orang tua kepada anaknya, atau guru kepada muridnya. Tidak hanya itu, Semai Parenting tersebut juga mengulas rahsia kedahsyatan bahasa berpola, selain juga strategi mendidik tanpa melarang, tanpa memarahi, dan tanpa menyuruh.

“Tanpa sadar, bahasa yang kita ucapkan akan membentuk karakter anak-anak kita. Untuk mengubahnya bisa dimulai dari penggunaan bahasa. Bahasa yang positif dan terstruktur,” ucapnya.
Yang jelas, kunci penggunaan berbahasa dipaparkan dalam pelatihan itu. “Kuncinya adalah praktek. Bahasa itu diverbalkan, tidak cukup hanya dipelajari dan dipahami,” kata Sundari. 

Beberapa alumni pelatihan SEMAI juga mengikuti Semai Parenting ini. “Ini menjadi indikasi bahwa orang tua zaman sekarang sedemikian positif untuk mempelajari parenting, dan itu perlu dipertahankan, bahkan bila perlu ditingkatkan,” ungkap Ali Irfan selaku Manajer Pelatihan.

Ia sadar benar Seminar Parenting ini tidaklah cukup untuk menjawab semua permasalahan tentang pola pengasuhan anak. Tapi setidaknya ini bisa menggugah kesadaran orang tua dan juga guru untuk lebih memperbaiki penggunaan bahasa. “Demi memuaskan rasa penasaran peserta, pihaknya memberi kesempatan kepada peserta pelatihan untuk konsultasi tatap muka gratis paska pelatihan dengan trainer,” saran Irfan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mentalitas Menghadapi USBN